Sedekah Laut Cilacap 2018

Sedekah Laut Cilacap 2018

Dilihat sebanyak 5 kali

1. ZIARAH NELAYAN & TASYAKURAN
HARI: KAMIS WAGE, 11 OKTOBER 2018
WAKTU: 07.00 WIB
TEMPAT:
- PULAU NUSA KAMBANGAN
- ALUN-ALUN CILACAP 2. PROSESI PELEPASAN & LARUNG JOLEN
HARI: JUM'AT KLIWON, 12 OKTOBER 2018
WAKTU: 08.00 WIB
TEMPAT:
- PENDOPO CILACAP
- THR TELUK PENYU

Cilacap senantiasa melakukan aktivitas Gelar Budaya Sedekah Laut. Prosesi ini adalah kebiasaan Nelayan pantai Selatan. Tradisi sedekah laut bagi nelayan Cilacap kali ini dilaksanakan pada Jum’at kliwon (12/10/2018). Acara tersebut diselenggarakan setiap tahun pada bulan syura (Muharam).

Sedekah laut, merupakan satu sesajen/sedekah untuk sang pencipta. Sebelumnya memberi sesajen/sajian, beberapa pendoa menyembelih kepala kerbau. Sisi yang diambil yaitu kepalanya. Sedang sisi badannya, di menjadikan masakan untuk pesta makan besar.

Sebelumnya pergi ke pantai, beberapa pendoa membacakan doa untuk diberi keselamatan sebentar pemberian sedekah/sesajen. Disamping itu, beberapa pengikut sedekah laut menyiapkan diri untuk arek – arek/ mengiringi perjalanan ke pantai, bikin situasi sedekah laut jadi meriah.

Setelah tiba di pantai, beberapa pendoa lakukan doa kelanjutan supaya musibah di pantai selatan akan tidak berlangsung. Kemudian, baru sedekah di bawa ke tengah samudra dengan kapal kecil. Sesudah usai, baru acara pesta kecil serta doa penutup oleh beberapa pendoa.

Dalam acara sedekah laut tahun ini, ada 10 jolen berisi sesaji akan dilarung di perairan sebelah selatan Pulau Nusakambangan. Rinciannya adalah ada satu buah jolen tunggul yang berukuran besar dan sembilan jolen berukuran kecil.

Puluhan perahu nelayan mengikuti pelarungan jolen hingga ke tengah laut, selanjutnya para nelayan beramai-ramai mengambil air laut ditempat jolen tersebut dilarung guna memandikan dan membersihkan kapalnya dengan air tersebut.

Jolen tunggul berasal dari Pemerintah Kabupaten Cilacap, sedangkan sembilan jolen kecil dari beberapa lembaga. Para penyedia jolen kecil adalah HNSI (Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia) Cilacap dan delapan kelompok nelayan yang berada di wilayah eks kota administratif Cilacap.

Selain sebagai wujud syukur kepada Tuhan sedekah laut ini digelar juga sebagai upaya untuk melestarikan budaya yang telah berlangsung secara turun-temurun di pesisir selatan Kabupaten Cilacap.

Usai melarung jolen, diadakan pula ragam pertunjukan kesenian tradisional di tiap-tiap TPI, antara lain pertunjukan wayang kulit, kesenian Barongsai, kuda lumping, lengger serta beberapa pertunjukan lainnya.

Banyak warga Cilacap yang melihat acara sedekah laut, bahkan juga warga diluar kota dapat melihat acara itu.

  • 16 bulan lalu